Selasa, 14 Februari 2012

Pulau Kangean Pulau sejuta Pesona

Jejak langkah kali ini akan menuju salah satu pulau yang ada di madura, masuk dalam wilayah Kabupaten sumenep, yaitu pulau Kangean. Sesuai waktu yang sudah kami bertiga ( Trip kali ini hanya 3 org yg jalan, karena ini rencana dadakan) sepakati  kami janjian di terminal Bungur asih, jam 19.00 saya tiba di bungur asih. Jam 20.00 semua sudah berkumpul, langsung menuju Bus yang menuju sumenep, di dalam bus kami bertanya tanya ke penumpang lain lama perjalanan, setelah di itung2 klo berangkat jam 20.00 tiba di terminal sumenep masih tengah malam, akhirnya kami putuskan menunda perjalanan sampai jam 23.00 nanti, kami ga mau ambil resiko tengah malam tiba di sumenep, apalagi ini kali pertama kami kesana (sebenernya karena takut sich ).
Jam 23.00  bus AKAS (dengan ongkos Rp 33.000/org) berangkat dari bungur asih menuju sumenep , jam 3.00 dini hari kami tiba di terminal sumenep (diluar dugaan ku selama ini ternyata orang-orang sini baik-baik, ga sepertri di terminal-terminal kota lain). Sambil nunggu subuh kami mandi-mandi di toilet umum terminal sumenep (untuk ukuran terminal daerah toiletnya ternyata bersih).
Sudut pelabuhan kalianget Sumenep
Setelah tanya-tanya ( maklum kami belum tau arah-arahnya, ini trip ala nekat ) kami berjalan menuju pangkalan becak untuk membawa kami menuju pangkalan taksi ( istilah angkutan di sumenep, dan jangan bayangkan angkutanya itu bagus-bagus, angkutanya berupa mobil minibus yg dah rusak body mobilnya). Setelah bertanya-tanya ke Petugas Polisi kami menuju pelabuhan kalianget, tujuan kami akhirnya Pulau Giligenting, dari pertigaan menuju kota sumenep kami naik becak ke pasar dimana angkutan ngetem disana (ongkos 5000, hrs di tawar dulu, pengalaman kami ), dari pasar kami naik Taksi (angkutan istilah orang sumenep) dengan ongkos Rp6000/orang.
Warung makan di Pel kalianget
 Tiba lah kami di pelabuhan kalianget, sambil mematangkan tujuan ( maklum saat itu kami masih bingung mau ke pulau apa, secara pulau2 di sumenep banyak banget ) kami sarapan dulu, sambil menikmati pagi di pelabuhan kali anget kami bertanya-tanya dengan orang-orang di dekat kami, saat kami sedang asik ngobrol ada 3orang bapak2 datang, dan bertanya tujuan kami, kami pun bercerita tujuan kami ke sumenep, beliau-belau pun antusias memberikan informasi kepada kami (ga disangka ternyata beliau ini pejabat-pejabat di lingkungan pemerintahaan sumenep), bahkan salah satu dari mereka menawarkan diri siap menampung kami bila kami ke sumenep lagi (Trima kasih pak Arifin), setelah diskusi lumayan panjang dan bertuker no Hp akhirnya kami menuju dermaga dimana kapal akan membawa kami ke giligenting.
Salah satu Pejabat pemda Sumenep
Saat di perjalanan menuju kapal, salah satu dari bapak-bapak pejabat itu mengikuti kami, dan kami kembali galau karena kapal yg menuju giligenting ada ditengah laut, kami harus naik perahu atau ke pelabuhan lain yang jaraknya lumayan jauh (aduh,...... bingung tingkat tinggi nich), kami pun bertanya menuju kangean, ternyata jam 9 pagi ada kapal menuju ke kangean (dengan ongkos 50.000), kami pun semangat menuju pulau kangean (maklum dr awal kaming ingin ke kangean, karena dr info-info yang kami dapat ke kangean jauh dah mahal kami tidak memilih kesana), dengan senang hati dan tertawa kami menuju ke pelabuhan di mana kapal menuju kangean bersandar ( gimana ga senang ke kangean cm ongkos Rp 50.000 dalam waktu 4 jam). Setelah tiba di pelabuhan kam bergegas menuju loket, begitu kami tau harga tiketnya kami kembali galau (ternyata 125.000 itu untuk ekonomi), ada yg murah tapi berangkat siang dan menempuh waktu 10jam (wow..... galau lagi dech, secara kami terbentur dengan waktu), setelah berunding dengan serius (sampai bingung, secara uang chas kami sedikit, apalagi tulus yg punya uang chas ga smp 200.000) kami memutuskan tetap berangkat dengan mengunakan kapal ekpres (harga tiket ekonomi 125.000, bisnis 150.000, eksekutif 175.000, untuk Kapal expres jadual berangkat hanya sehari sekali, dari kalianget hari senin, kamis, sabtu jam 9 pagi, dari kangean hari selasa, jumat, minggu jam 9 pagi, khusus hr jumat jam 13.00). ............ lanjut  Part 2
Mejeng depan loket kapal expres